Bakar Lemak, Walaupun Saat Anda Tertidur

Catatan Peraih Nobel Kedokteran tentang Keajaiban Puasa. Dan Keajaiban Serat + Nutrisi + Enzim

Keajaiban Puasa, Autophagy & Kesehatan

Autophagy secara etimilogis, bersal dari bahaya Yunani: auto (sendiri) dan phagein (memakan) berarti “memakan diri sendiri”.

Autophagy adalah mekanisme pembongkaran bagian-bagian sel pada yang sudah rusak (tua/lemah/terinfeksi), digunakan untuk membangun sel baru yag lebih sehat.

Sederhananya sel sehat memakan sel rusak, untuk didaur ulang menjadi sumber energi, dan menjadi bagian komponen sel baru yang sehat.

Profesor Yoshinori Ohsumi menerima Penghargaan Nobel bidang Fisika & Kedokteran di tahun 2016, karena menemukan bahwa kunci untuk 'mengaktivasi' proses autophagy pada sel ialah kondisi kekurangan nutrisi.

Puasa membuat autophagy teraktivasi dan sel mulai melakukan perusakan terhadap protein yang rusak ataupun tua di dalam tubuh. Ketika kadar insulin dalam tubuh menurun, glucagon mulai bekerja dan membersihkan sisa-sisa sel yang telah mati atau rusak.

Berdasarkan penelitian Ohsumi, selama proses ini, tubuh harus terbebas dari makanan (kecuali air putih) minimal selama 12 jam. Namun jika tubuh mendapatkan kalori sebelum 12 jam proses autophagy terhenti.

Dengan menjalankan ibadah puasa automatis anda mengaktifkan autophagy. NAMUN untuk aktifasi autophagy tidak perlu seperti ibadah puasa (tanpa minum & siang hari), puasa dengan tujuan diet ini juga bisa dilakukan di malam hari, bahkan saat ada tertidur.

LUAR BIASA, aktivasi autophagy dapat menghancurkan dan memperbaiki sel terinfeksi bakteri & virus, Berbagai riset membuktikan bahwa autofagi berperan menekan pertumbuhan sel kanker

Puasa & Diet Menurunkan Berat Badan

Selain mengaktivasi autophagy, saat Anda berpuasa, tubuh Anda tidak mendapatkan energi dari makanan yang Anda konsumsi; makanan tersebut disimpan dalam bentuk glukosa pada hati dan otot. Proses tersebut dimulai delapan jam setelah Anda mengkonsumsi makanan yang terakhir. Ketika glukosa yang tersimpan digunakan, tubuh mulai membakar lemak –yang kemudian dijadikan sebagai sumber energi.

Hal tersebutlah yang membuat berat badan Anda berkurang. Penggunaan lemak sebagai energi juga dapat menjaga kekuatan otot serta menurunkan kadar kolesterol tubuh. Oleh karena itu, saat Anda berpuasa, Anda perlu memperhatikan keseimbangan makanan yang Anda konsumsi.

Metode Diet Terbaik

Sebuah penelitian, melibatkan 311 wanita gemuk, dibagi dalam 8 kelompok, masing-masing kelompok menerapkan 1 jenis diet populer. Hasilnya: Pada 1-2 bulan pertama kecendrungan semuanya mengalami berat badan yang drastis, namun setelah bosan dengan metode diet yang dijalankan, mulai tidak disiplin. Walhasil dari 8 kelompok yang ada, tidak ada satupun kelompok yag meiliki hasil rata-ratanya turun lebih dari 5 kg.

Jadi kesimpulannya adalah tidak ada meteode diet yang tidak bekerja, namun masalahnya adalah disiplin diet, jadi semakin sulit suatu metode diet, semakin besar kemungkinan gagal.

Yang paling sulit menentukan jumlah kalori makanan dan harus makan makanan yang tidak enak. Oleh karna itu metode diet terbaik yang Anda pilih adalah yang mudah (tidak banyak pantangan) dan harus menjadi gaya hidup Anda yang bisa dijalankan seumur hidup. Karena tidak ada metode diet apapun yang hasilnya permanen, dan kunci keberhasilannya adalah disiplin